7 Tips Membeli Apartemen Secara Kredit


Apartemen sudah selama beberapa tahun terakhir menjadi hunian alternatif masyarakat perkotaan. Lahan yang terbatas ditambah dengan meningkatnya kebutuhan tempat tinggal menjadi salah satu alasan mengapa hunian ini menjadi keputusan sebagian besar orang. Terutama untuk kaum pekerja pabrik, pegawai, mahasiswa, hingga kalangan pebisnis yang terbiasa berpindah-pindah lokasi.

Meskipun memiliki fungsi sebagai tempat, apartemen umumnya berada di lokasi yang ramai dan dekat dengan fasilitas publik. Tak hanya itu saja, baik membeli apartemen secara kredit maupun tunai, Anda juga akan dimanjakan dengan rangkaian fasilitas super lengkap yang dijamin akan membuat Anda untuk betah berlama-lama di sana.

Mulai dari kawasan olahraga, hiburan, pusat perbelanjaan, hingga layanan kesehatan dapat Anda peroleh dengan baik di sini. Sejumlah apartemen bahkan sengaja membangun hunian keren dengan mengusung tema dan konsep tertentu. Tapi membeli apartemen tentu berbeda dengan membeli rumah, ada tips khusus yang mesti Anda perhatikan.

Terutama bagi Anda para pemula yang ingin membeli apartemen secara kredit namun keamanan dan keamanan Anda tetap menjadi prioritasnya.

1. Lokasi

Tak salah jika lokasi juga menentukan harga yang dipatok oleh developer untuk menjual suatu apartemen. Sebab, apartemen yang terletak dekat dengan pusat perkantoran, layanan untuk umum, serta kantor sipil umumnya memberikan akses yang mudah bagi pemiliknya apabila mereka akan melakukan sesuatu, terutama jika berhubungan dengan pekerjaan.

Begitupun Anda, ada baiknya Anda menjadikan trik nomor satu ini menjadi pertimbangan yang matang. Jika Anda bisa leluasa menjangkau semua sarana prasarana yang Anda butuhkan, Anda tentu tak perlu bersusah payah dan mengeluarkan budget berlebih untuk memenuhi keperluan Anda.

2. Harga beli

Membeli apartemen secara kredit pada dasarnya tidak berbeda jauh. Hanya saja, Anda masih mempunyai tanggungan berupa angsuran yang mesti dibayarkan setiap bulan. Anda tentu sudah paham bahwa harga apartemen bervariasi. Hal ini biasanya didasarkan pada lokasi, letak lantai, view unit, dan fasilitas yang bersebelahan dengan apartemen yang akan Anda beli.

Bukan sesuatu yang mengherankan jika harga apartemen sekarang ini memang melonjak, apalagi untuk apartemen yang menyediakan akses bagi penghuninya untuk mendatangi public facility. Meski begitu, dengan sedikit perhitungan, Anda masih bisa membandingkan harga beberapa apartemen kredit yang lebih murah dengan keterjangkauan yang cocok.

3. Pembayaran

Jika Anda membeli apartemen dengan hard cash, maka bisa jadi Anda akan memperoleh diskon 15-20%. Namun bagi Anda yang ingin mengambil kredit, Anda bisa menggunakan sistem KPA. Dengan fasilitas pembayaran yang dibantu oleh pihak bank, Anda bisa mencicil selama 15 tahun lamanya. Sehingga uang yang Anda keluarkan setiap bulan relatif kecil.

Tapi bagi Anda yang berencana untuk membeli apartemen secara kredit ini Anda harus benar-benar memastikan kondisi apartemen dan layanan bank yang akan Anda tuju. Pahami dan bandingkan lebih dulu persyaratan serta kelebihan pada masing-masing bank.

4. Biaya pemeliharaan

Sama halnya seperti hunian, Anda tentu mendambakan tempat tinggal Anda ini tak ubahnya istana yang nyaman dan aman untuk melepas penat bukan? Terlebih untuk tipikal orang multitasking yang mesti berhadapan dengan serentetan deadline dan tekanan di kantor.

Untuk itulah, Anda memerlukan biaya untuk penataan, baik dekorasi interior maupun kelengkapan furniture lain yang Anda perlukan agar suasana kamar Anda lebih fresh dan good looking.

Biaya untuk memelihara apartemen juga jatuh pada service charge dan sinking fund yang harus Anda tanggung setiap bulannya. Sehingga sangat penting bagi Anda memikirkan budget yang kiranya harus Anda sediakan sebelum membeli apartemen secara kredit.

5. Developer

Membangun apartemen tentu tidak terlepas dari proses dan perizinan yang kompleks. Oleh karena itu, pastikan pengembang yang Anda percayai sudah menyandang reputasi yang baik dengan kualitas bangunannya yang terjamin.

Tujuannya tentu saja agar Anda terhindar dari penipuan serta cedera janji yang kini banyak dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab demi bisa meraup keuntungan berlebih.

Adapun elemen lain yang mesti Anda kenali ialah mutu dari kontraktor maupun konsultan yang menjadi perencana bangunan yang bekerja dibalik apartemen. Dua hal ini berkaitan dengan kualitas dan estetika hunian yang akan Anda beli.

6. Keamanan dan kenyamanan

Tidak ada salahnya Anda mengajak developer bertemu dan kemudian melakukan konsultasi. Langkah seperti ini bisa membuat Anda terhindar dari hal-hal fatal yang tidak diinginkan. Selain informasi yang aktual dan lebih detail, Anda bahkan bisa memeriksa sendiri bagaimana fasilitas yang tersedia di apartemen untuk memastikan bahwa kondisinya masih aman-aman saja.

Membeli apartemen secara kredit juga perlu dibarengi dengan pengetahuan fasilitas mutlak yang harus ada di apartemen. Misalnya area parkir, lift, ruang tamu, kamera pengawas, kolam, renang, taman, sarana olahraga, restoran, club house, kafe, serta minimarket. Ada juga fasilitas untuk pencegah kebakaran, selain itu ada juga struktur segi anti gempa dan genset untuk cadangan bagian dari sarana vital apartemen.

7. Spesifikasi unit dan manajemen properti

Syarat yang ketujuh ini meliputi partisi ruangan dan perlengkapan yang menempel pada bangunan. Sejumlah unit apartemen juga ditunjang dengan bathroom kitchen set, telepon, internet, pemanas air, dan AC.

Akan tetapi, umumnya sebuah apartemen dijual dalam kondisi semi-furnished maka Anda harus melengkapi beberapa benda atau barang. Tanyakan dulu pada pengembang, apakah Anda boleh melakukan renovasi atau tidak. Buatlah perjanjian tertulis untuk mencegah wansprestasi.

Pengelola apartemen juga menjadi poin yang tidak boleh Anda abaikan. Manajemen yang profesional mampu menangani semua masalah dengan baik. Sebaliknya, pengelola yang buruk justru menambah masalah dan cenderung merepotkan.

Selain 7 tips membeli apartemen secara kredit di atas, pertimbangan prospek investasi juga patut Anda pikirkan. Sebab, apartemen memang dilirik lantaran menjanjikan nilai return yang menggiurkan.