Berniat Sewa Apartemen Surabaya? Ini 7 Hal Yang Mesti Anda Pahami

Apartemen memang menjadi alternatif hunian di perkotaan besar. Ketersediaan lahan yang terbatas ditambah dengan mahalnya harga tanah dari waktu ke waktu akhirnya membuat banyak orang memutuskan untuk tinggal di hunian ini. Di samping tidak perlu menyediakan uang sebesar biaya pembangunan rumah, penghuni apartemen juga dimanjakan dengan serangkaian fasilitas khusus.

Sebut saja kolam renang, area yang pas untuk berolahraga, tempat untuk bersantai, hingga sejumlah fasilitas kesehatan dan layanan untuk menjamin penghuninya bisa memperoleh akses yang mudah ketika mereka berniat sewa apartemen Surabaya atau perkotaan besar lainnya.

Selain kemungkinan mendapat sarana dan prasarana yang layak saat menempati apartemen, Anda pun bisa memilih beragam pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi kantong Anda. Jika membayar tunai, Anda mungkin bisa memperoleh diskon 15-20 % untuk setiap unitnya.

Namun Anda pun tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa membeli apartemen secara tunai, sebab Anda masih bisa membelinya dengan kredit pemilik apartemen atau cicilan langsung kepada developer dengan jangka waktu tertentu yang Anda ambil. Langkah apapun yang Anda pilih tentu dibarengi dengan resiko dan nilai plus masing-masing.

Sewa apartemen Surabaya sebenarnya bukan hal yang sulit, namun akan menjadi rumit apabila Anda ceroboh dan tidak hati-hati. Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak pihak-pihak yang berusaha mencari celah untuk meraup keuntungan dari calon penghuni yang lengah.

Bagi Anda yang berencana menyewa apartemen, berikut beberapa tips yang mesti Anda perhatikan.

1. Pertimbangkan harganya

Harga apartemen memang variatif. Artinya, Anda mungkin akan menjumpai selisih yang kecil hingga fantastis dari setiap apartemen yang Anda jumpai. Hal ini merupakan kondisi yang wajar mengingat fasilitas serta keterjangkauan dengan fasilitas umum juga menjadi kriteria yang mesti dipenuhi oleh apartemen semacam ini.

Tapi jika Anda belum paham sama sekali mengenai apartemen hingga bisnis investasi yang terjadi dibalik nilai return yang menggiurkan, Anda mungkin bisa mengulik informasi lebih lanjut dari internet atau web tertentu yang menyajikan harga sewa apartemen surabaya yang up to date. Cara ini lebih efektif ketimbang Anda harus menyambangi satu per satu hunian yang berdekatan dengan tempat Anda bekerja.

2. Lokasi

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak investor yang tertarik dengan apartemen yang terletak di pusat kota. Mengapa? Hal ini tidak lain karena keramaian selain menghindarkan mereka dari bahaya tindakan kriminalitas ibukota yang tinggi juga akan membuat mereka lebih gampang ketika ingin mendatangi kantor kependudukan, rumah sakit, hingga sarana lain yang akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Begitupun dengan Anda, ada baiknya jika Anda memperhatikan lebih dalam lagi jarak antara apartemen yang Anda incar dengan kantor Anda, dengan layanan kesehatan masyarakat, dan tempat lain yang kiranya penting bagi Anda.

Pertimbangan semacam ini akan menghindarkan Anda dari opsi-opsi lain yang ditawarkan apartemen, yang sebetulnya mungkin tidak terlalu berguna bagi Anda.

3. Pengembang

Mendirikan apartemen di kawasan ibukota juga harus melalui proses perizinan yang sulit. Ada banyak tahapan yang harus dijalani oleh developer sampai mereka benar-benar mengantongi bukti yang legal membangun hunian yang nyaman untuk Anda tinggali.

Pengembang yang bereputasi tinggi selain terbebas dari urusan tanah ilegal juga memberikan pelayanan yang baik pada pelanggannya. Mereka tentu lebih cekatan dalam menangani masalah yang terjadi.

Beda jauh dengan pengembang yang tidak menyandang reputasi baik, mereka mungkin cenderung tidak peduli dan lari dari masalah.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa kontraktor dan konsultan pembangunan yang bekerja pada apartemen tersebut memiliki kualitas yang tidak main-main.

4. Fasilitas

Poin yang keempat ini bisa dikatakan sebagai landasan yang tepat bagi Anda yang menginginkan apartemen dengan kenyamanan tinggi. beda apartemen maka tidak sama pula fasilitas yang tersedia di sana. Untuk itu, cermatlah dalam memilih.

Apartemen yang disewakan biasanya punya standar fasilitas sepertiĀ  area parkir, ruang tamu, lift, kamera pengawas, taman, kolam renang, sarana olahraga, club house, restoran atau kafe, serta minimarket. Sementara untuk fasilitas yang mutlak ialah alat pencegah kebakaran, struktur segi anti gempa dan genset cadangan juga bagian dari sarana vital apartemen.

5. Anggaran untuk pemeliharaan

Apartemen yang Anda tempati juga merupakan rumah. Dimana sebisa mungkin harus Anda tata untuk bisa memberikan rasa comfortable serta aman secara sepenuhnya. Hunian yang notabene menjadi tempat bagi Anda untuk beristirahat ini tidak sekedar ruang untuk membaringkan badan, namun juga menciptakan mood yang baik selepas Anda dilanda deadline dan tekanan pekerjaan di kantor.

Disinilah mungkin Anda perlu biaya tambahan untuk membeli furniture dan menjaganya agar tetap enak dipandang. Biaya pemeliharaan lain juga mencakup service charge dan sinking fund yang harus Anda tanggung tiap bulan. Pikirkan dengan matang budget yang mesti Anda keluarkan sebelum pernyataan sewa apartemen Surabaya Anda setujui.

6. Jaminan keamanan

Jangan mudah tergiur saat Anda melihat apartemen mewah dan megah yang menawarkan cicilan atau harga murah untuk Anda sewa. Membeli apartemen sama dengan membeli baju, selain tampilannya yang modis, Anda pun harus memantapkan hati bahwa apartemen yang akan menjadi tempat tinggal Anda aman dari kemungkinan tindakan kriminal atau pencurian.

Satpam biasanya tidak hanya berjaga di lobi apartemen, namun melakukan patroli keliling secara bergantian. Pergantian sift juga menjadikan mereka stand by untuk mengamankan keadaan. Pemasangan CCTV di sudut apartemen dan bagian-bagian yang riskan pencurian juga menjadi indikator keamanan apartemen yang akan Anda sewa.

7. Manajemen properti

Pengelola properti adalah tips terakhir yang tak kalah penting. Beberapa apartemen didukung dengan dengan bathroom kitchen set, telepon, internet, pemanas air, dan AC. Ada apartemen yang disewakan full furnished, tapi selebihnya ditawarkan semi-furnished sehingga Anda perlu menaruh barang lain di hunian baru Anda.

Jika Anda merasa kurang nyaman, Anda bisa memasang karpet yang kedap suara dan melakukan renovasi, tapi konsultasikan dulu kepada developer agar tidak terjadi miss komunikasi yang merugikan salah satu pihak.

Manajemen properti yang profesional mampu membereskan problem yang Anda hadapi. Sebaliknya, pengelola yang buruk akan menambah masalah dan merepotkan.

Setelah memahami 7 tips sewa apartemen Surabaya di atas, cocokkan lagi dengan budget Anda.