5 Cara Mudah Menjual Apartemen Agar Cepat Laku

Apartemen tak bisa dipungkiri menjadi hunian favorit bagi sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Selain ketersediaan lahan yang terbatas, fasilitas serba ada yang disuguhkan oleh apartemen juga menjadi alasan tersendiri mengapa banyak orang memantapkan pilihannya untuk membeli apartemen dan menjadikannya sebagai hunian mereka.

Selain itu, dengan membeli apartemen orang pun tak perlu ribet mengurus kepemilikan tanah, menyiapkan material, hingga sejumlah persyaratan berbelit lainnya yang tentu akan menguras waktu dan tenaga. Hal inilah yang kemudian membuat para investor atau pemilik melirik bisnis menjual apartemen sebagai usaha yang menggiurkan, di samping karena faktor lain seperti pindah hunian dan ketidakcocokan.

Nah, bagi Anda yang juga berencana menjual tempat tinggal, ini dia beberapa tips yang akan membuat upaya Anda ini berjalan lancar.

1. Pahami pasar

Tak jauh beda dengan bisnis properti lain, menawarkan apartemen juga harus melihat pasar sebagai salah satu trik penting. Anda tidak bisa sesuka hati memasang harga kepada calon pembeli lantaran yang berperan sebagai penjual bukan Anda seorang.

Pahamilah bahwa diluar sana mungkin ada banyak penjual yang sedang berusaha menjual apartemen. Untuk itu, pastikan Anda memahami harga yang semestinya Anda patok agar orang-orang tertarik.

Dengan mengetahui kisaran harga apartemen yang Anda miliki, Anda pun akan terhindar dari kerugian apabila sewaktu-waktu ada calon pembeli yang menawar dengan seenaknya.

2. Buat iklan yang menarik

Daripada membuat selebaran berupa brosur atau semacamnya, akan lebih efektif jika Anda memanfaatkan sosial media untuk menayangkan iklan berupa apartemen yang akan Anda jual. Cara lain yang bisa Anda lakukan selain melalui pihak ketiga ialah dengan mengajukan iklan penjualan di beberapa web atau online shop.

Sejumlah online shop memungkinkan Anda untuk melakukan negosiasi dengan calon pembeli. Bahkan Anda pun bisa berkomunikasi secara langsung dengan meninggalkan contact person atau alamat email yang bisa Anda tuju. Menggunakan jasa seperti ini untuk menjual apartemen lebih efektif ketimbang mengandalkan promosi secara manual.

3. Fasilitas

Sebagai penjual yang cerdas, Anda tentu tahu jika calon pembeli akan memperhitungkan dengan matang sarana apa yang tersedia di apartemen sebelum mereka mengeluarkan budget yang sepadan. Untuk lebih ringkas, Anda bisa membuat list mengenai fasilitas yang terdapat di kamar Anda.

Fasilitas ini menjadi bukti atas harga yang Anda pasang bahwa Anda tidak menipu calon konsumen. Jika Anda memanfaatkan internet atau promosi secara tidak langsung, Anda juga mengunggah gambar dari fasilitas yang terdapat di sana. Gambar-gambar ini akan membuat pengunjung di web tersebut lebih yakin dan mantap dengan apartemen yang Anda tawarkan.

4. Pasang harga yang sesuai

Budget mungkin pertimbangan yang paling utama. Ya, mengingat banyaknya apartemen yang dijual. Ditambah lagi dengan konsep dan model eksklusif yang diusung oleh apartemen tertentu. Beberapa apartemen yang minimalis bahkan lebih digemari lantaran selain tidak terlalu mahal, apartemen ini juga menyuguhkan look yang rileks dan tepat untuk beristirahat.

Harga yang dibanderol untuk setiap apartemen tentu berbeda. Mereka umumnya membagi berdasarkan tipe, luas, serta keberadaan fasilitas penunjang lainnya.

Pasanglah harga yang sesuai agar apartemen Anda bisa terjual dengan cepat. Sebagai referensinya, Anda bisa melihat laman internet. Selanjutnya Anda bisa membandingkan web yang satu dengan lainnya. Cara ini lebih solusif ketimbang mematok berdasarkan segelintir sumber

5. Lokasi

Letak apartemen yang strategis biasanya lebih diminati daripada apartemen yang jauh dari pusat kota. Untuk menjual apartemen, jika Anda ingin memasang harga yang jauh lebih tinggi, lokasi juga menjadi poin utama yang akan dilirik oleh pengunjung.

Adapun alasan mengapa lokasi yang dekat dengan pusat kota dilirik ialah karena penghuni bisa dengan mudah menjangkau beragam fasilitas publik seperti bank, rumah sakit, kantor dinas kependudukan, dan mereka tentu tak harus repot-repot mengeluarkan biaya berlebih apabila pergi ke kantor tempat mereka bekerja. Perkantoran di kota metropolitan biasanya terletak berdekatan dengan apartemen.

6. Keamanan

Tidak ada konsumen yang mengabaikan kenyamanan dan rasa aman pada hunian yang akan mereka tempati. Apalagi di kota besar yang notabene rawan dengan kasus kriminal dan pencurian. Lengah sedikit saja, Anda mungkin beresiko kehilangan barang berharga.

Untuk itulah sebelum menjual apartemen, pastikan bahwa apartemen Anda telah memenuhi kriteria apartemen yang diinginkan oleh pembeli.

Keberadaan satpam sangat penting untuk mensterilkan wilayah apartemen Anda dari orang yang berusaha melakukan tindakan kejahatan. Pun dengan CCTV yang terpasang di sejumlah titik penting seperti area parkir, lobi, hingga kamar Anda. Khusus untuk kamar, calon pemilik bahkan dimungkinkan mengontrol secara langsung CCTV melalui ponsel pintar mereka.

Menjual apartemen juga perlu kehati-hatian, jangan sampai Anda tertipu dan dikelabuhi oleh pembeli abal-abal. Jadilah penjual yang cerdas agar calon pembeli Anda puas.