Murah Dan Mudah, Inilah 8 Cara Mengubah Suasana Apartemen Jadi Hunian Idaman

Layaknya rumah, apartemen pun menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi tempat istirahatnya. Selain faktor pekerjaan yang mengharuskan orang untuk berpindah-pindah wilayah, apartemen juga dipilih sebagai alternatif lantaran hunian ini menyediakan beragam fasilitas yang akan memudahkan penggunanya.

Tidak hanya tempat tidur dan ruang istirahat saja, mayoritas apartemen yang ada di perkotaan bahkan sudah dilengkapi dengan area olahraga, wahana bermain, hingga pusat perbelanjaan dan layanan kesehatan yang bisa dijangkau oleh penghuninya.  Permasalahannya, seringkali orang merasa tidak cocok dengan penataan atau desain interior apartemen yang akan mereka tempati. Hal ini tentu menimbulkan masalah baru.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir, beberapa langkah mengubah suasana apartemen jadi makin nyaman ini bisa Anda jadikan referensi.

1. Warna dinding

Ada baiknya Anda cukup teliti dalam memilih warna yang nantinya akan diaplikasikan ke apartemen Anda. Pilihlah warna yang soft, yang mana bertujuan agar pikiran Anda menjadi rileks saat memasuki ruangan apartemen. Cara yang pertama ini tentu penting sekali, terlebih jika Anda merupakan pekerja yang multitasking dan sering mendapat tekanan pekerjaan dari kantor.

Adapun warna yang bisa Anda pilih antara lain abu-abu keperakan, biru, warna kayu alami, putih, sage hijau, atau warna lain yang dapat menghasilkan kesan hangat dan lembut.

2. Selektif memajang barang

Mengubah suasana apartemen agar tidak membosankan memang gampang-gampang susah. Salah satu kuncinya ialah Anda harus pandai menempatkan barang yang Anda punya. Usahakan agar Anda tidak memajang semua barang agar tidak terkesan sempit, apalagi jika Anda tinggal di apartemen yang tidak begitu luas.

Anda bisa menjadikan kabel serta barang elektronik dalam sebuah wadah. Barang yang menumpuk akan menimbulkan kesan penuh.

3. Kedap suara

Posisi apartemen yang berjejer acapkali membuat apartemen Anda terasa bising. Selain mengganggu kenyamanan, Anda mungkin juga tidak bisa beristirahat dengan tenang.

Untuk mengubah suasana apartemen yang tidak karuan ini Anda bisa melapisi bagian bawah lantai dengan karpet tebal dan memasang tirai jendela. Untuk dinding, Anda bisa melapisinya dengan tekstil tebal atau bahan khusus peredam suara.

4. Tanaman atau hewan piaraan

Bagi Anda yang hobi memelihara tanaman atau bunga, tidak ada salahnya jika Anda membawa tumbuhan ini ke apartemen. Selain menghadirkan kesan sejuk dan fresh, tanaman ditengarai mampu membuat mood Anda membaik. Pun dengan keberadaan hewan yang Anda piara. Entah itu anjing, kucing, ikan, atau hamster. Kelucuan mereka tentu akan membuat Anda merasa tidak kesepian di apartemen

5. Pengaturan furnitur

Pikirkan baik-baik furnitur apa yang biasa Anda gunakan dan yang jarang Anda pakai. Penataan barang ini akan sangat berguna. Letakkanlah furniture yang punya fungsi utama pada tempat yang gampang untuk Anda jangkau. Jika Anda sudah mengaturnya dan masih tersisa space, Anda bisa menambahkan barang lain untuk mengubah suasana apartemen Anda makin ciamik.

6. Pencahayaan

Lampu yang terang memang memudahkan Anda saat akan menyelesaikan pekerjaan atau membaca. Namun jika Anda ingin bersantai, lebih baik pakai pencahayaan wall mouted sconce atau lampu tempel agar Anda bisa rileks. Anda juga bisa menggunakan lampu meja untuk penerangan saat Anda tidur. Alternatif lain yang bisa Anda jajal ialah memasang lampu yang punya pengaturan cahaya atau dimmer.

7. Pilih barang yang mudah digeser

Membeli benda-benda yang mudah digeser akan menghemat energi lantaran Anda tidak harus bersusah payah menggotongnya. Ya, Anda bisa dengan mudah memindahkannya. Solusi lain yang bisa Anda tempuh ialah dengan menggunakan barang-barang multifungsi dan fleksibel. Ini akan menghemat ruang Anda

8. Taman kecil

Tips mengubah suasana apartemen yang terakhir ialah merancang taman mungil yang akan membuat apartemen Anda makin good looking. Bagi Anda yang membeli apartemen dengan dilengkapi balkon, Anda bisa memanfaatkan space itu dengan maksimal. Ubah balkon tersebut menjadi area yang nyaman.

Menggantung tanaman dalam pot di atas balkon dan menaruh kursi empuk atau soda sehingga Anda bisa bersantai di sana. Pemandangan kota atau sekedar menikmati sore di alam terbuka akan merefresh pikiran Anda.

Bagaimana? Gampang sekali kan? Ayo tunggu apa lagi? Sulap apartemen Anda dengan 8 trik mudah di atas.